Monday, 14 December 2015

HARUSKAH MENGGANTI SUARA PANGGIL WALET?

      Sekian lama berkecimpung dunia peternakan dan merumahkan burung walet banyak kisah dan pengalaman pribadi maupun orang lain yang baru bangun rumah walet atau sudah lama dalam beternak.
Kesabaran dan telaten dan ulet kunci keberhasilan tentunya selain kebutuhan teknis yang harus diperhatikan.
Kadang kegembiraan terjadi saat burung walet masuk LMB pertama ,saat burung walet nginap pertama kali dirumah walet baru juga saat sarang pertama muncul di papan sirip.

Keluhan yang sering timbul dari pengusaha walet sudah beli suara panggil dan inap walet harga mahal kok saat diputar pakai mesin pemanggil walet ,burung walet hanya lewat saja kalaupun respon mutar sejenak terus pergi lagi.Padahal RBW ada disentra walet atau dipelintasan walet cari makan.
   
Rasa penantian yang lama akhirnya lega bisa melihat burung walet mau buat sarang sebagai pertanda rejeki dan pundi pundi uang akan mulai mengalir.

Banyak beredar suara panggil walet dan inap dari harga puluahan juta sampai gratisan sebenarnya semua bisa untuk membuat walet betah dan menginap dirumah walet baru maupun lama semua tergantung setingan dan frekuensi suara pas dengan telinga burung walet
Oleh sebab itu para peternak pemula maupun yang sudah pengalaman tidak usah risau






Kadang saya temui sudah bertahun tahun membangun rumah walet burung hanya keluar masuk tidak mau menginap kadang datang banyak kadang tidak ada sama sekali padahal modal materi ,waktu dan pikiran sudah keluar banyak seperti pupus harapan padahal hal itu banyak dialami pemain walet

Dari pengalaman saya kunci utama yang kurang diperhatikan peternak walet atau mungkin juga kurang faham:
1.Daya listrik untuk memutar mesin walet sering drop
2. Kurang melihat kekuatan power mesin walet bisa menompang berapa twitter
3.Jalur kabel dari mesin ke twitter terakhir terlalu panjang
4. Panas sekitar sirip terlalu tinggi sehingga walet kurang betah
5. Kurang terjaga kelembaban

Tips Mengaturan Volume Suara Walet


Apakah gedung walet yang Anda bangun masih dalam keadaan kosong, atau tidak berpenghuni satupun burung walet di dalamnya?
Permasalahan mendasar mungkin bisa menjadi penyebabnya seperti kualitas suara walet yang sangat buruk.  atau kelembaban gedung hingga pengaturan suara output walet yang salah. Disini akan dibahas beberapa tips untuk bagaimana cara mengatur output suara walet yang baik sesuai pengalaman.

Baiklah , mungkin Anda pernah mencoba pada gedung walet Anda dengan suara panggil dan inap yang sangat keras. Dan walet akan sangat ramai mengelilingi gedung walet Anda bahkan beberapa walet akan masuk untuk menginap, namun setelah itu walet malah pergi mengapa demikian?. Salah satunya ini disebabkan karena pengaturan output suara panggil dan inap yang keras sehingga membuat walet tidak akan betah lama, volume yang keras hanya membuat kuping walet sakit. Kita saja yang mendengar suara tersebut tentu akan merasakan tusukan pada kuping, bagaimana dengan walet yang memiliki telinga yang lebih lemah dari telinga manusia.
Selain itu pengaturan volume yang keras akan cepat membuat speaker/tweeter walet yang anda gunakan cepat rusak. Hal ini dikarenakan tweeter walet memiliki batas kemampuannya tersendiri, sebaiknya gunakan dibawah kapasitas batas kemampuan speaker/tweeter tersebut agar lebih dapat bertahan lama.

 

Lalu bagaimana cara mengatur volume suara walet yang tepat ? berikut rahasianya:

1. Ada perbedaan dalam pengaturan volume suara panggil dan inap. Untuk suara panggil dapat di atur dengan posisi trable stengah atau jika  suara panggil yang Anda miliki lebih ngebas pastikan dibuat lebih trable sesuaikan saja dengan suara walet yang Anda miliki dan gunakan volume yang tidak terlalu menusuk pada suara panggil.

2. Untuk suara inap bisa di atur lebih kecil dari suara panggil, karena untuk suara inap cukup terdengar pelan juga tidak masalah karena walet yang telah menginap di dalam tidak memerlukan lagi suara yang keras, dengan suara keras hanya membuat walet ketakutan. Atur suara walet hingga terdengar agak trable, jangan sampai suara walet terdengar besar atau ngebass karena trible merupakan suara walet yang lebih alami. Sebaiknya untuk suara  panggil dapat di diskusikan pada tetangga yang dengat dengan gedung walet Anda agar tidak menggangu kenyamanan tetangga sekitar.



HARGA SARANG WALET DAN SRITI TERBARU

Sarang walet gedung / rumah kwalitas putih bersih . 1. Mangkok Rp. 15- 18 Juta/ Kg. 2. Sudut Rp. 10 Juta/ Kg. 3. Patahan Rp. 5 - 6 Juta...