Thursday, 3 November 2016

DIMANA KITA MAU BELI SARANG WALET DAN TOKO SARANG WALET DI INDONESIA

      Indonesia dikatakan pemasok terbesar sarang walet untuk kebutuhan dunia Ini lah yang jadi pertanyaan kita sebagai bangsa besar dan menguasai produksi sarang walet. Pertanyaanya kemana pembeli sarang walet untuk konsumsi bila toko penjualnya susah ditemukan disetiap kota diseluruh indonesia.Sebagai peternak walet seluruh indonesia selalu sibuk dan menanyakan harga terbaru sarang walet tapi tidak pernah memikirkan pembeli kalau mau beli kemana wong tokonya aja susah dicari.

Inilah yang kurang diperhatikan oleh semua peternak walet terasa harga sarang walet sangat misterius tidak ada patokan yang jelas karena pembelinya juga tidak jelas katanya dieksport emangnya orang indonesia tidak mampu konsumsi sarang walet atau karena sosialisasi tentang khasiat dan keunggulan sarang walet masih kurang atau memang tidak ada. 

Jadi yang menentukan harga resmi tidak ada tiap kilonya standar,semua tergantung pembeli mau beli berapa,ini jadi aneh dalam seputar sarang walet 
Padahal kita tahu barang termahal pun yang orang luar negeri jual ke indonesia walaupun harganya ratusan juta sampai milyar tetap laku dibeli orang indonesia
Terus apa yang salah dari mekanisme dan seputar sarang walet yang perlu kita evaluasi. kelihatannya jalur distribusi sarang walet sampai pembeli di indonesia ada yang terputus yaitu penjual resmi yang buka toko di indonesia masih kurang dan eksportir juga tidak punya toko di indonesia semua untuk konsumsi orang luar negeri

Oleh sebab itu kalau kita melihat negara lain seperti malaysia ,thailand dan vietnam yang juga produsen sarang walet gampang sekali dijumpai toko penjual sarang walet yang siap konsumsi atau masih mentah baru panen. Apalagi di thailand sarang walet dijual lelang resmi jadi harga sarang walet bisa menguntungkan peternaknya,setiap ruko yang atasnya ada sarang walet dilantai bawah selalu langsung ada toko jual sarang walet dan lokasi pembersihan sarang walet.

 Sedang Di Indonesia dari peternak dibeli pengepul dikasih harga terserah pengepul kemudian dari pengepul dijual ke tingkat pengusaha pembersih sarang yang berbentuk cv atau rumahan kemudian baru ke perusahaan pengeksport kenapa mata rantai sarang walet indonesia begitu kurang menguntungkan peternak walet.Padahal kita pemasok no 1 dunia tapi tidak bisa kendalikan harga sarang walet apa itu memang kelemahan para peternak sarang walet indonesia?

Jadi bila mau harga sarang walet bagus dan stabil jalan keluarnya sarang walet harus dikonsumsi bangsa kita sendiri dijadikan turunan dalam bentuk berbagai macam jenis dengan begitu harga akan jelas berapa perkilo ditingkat peternak sedang selama ini pembeli sarang walet kan belum jelas permintaan oleh sebab itu celah ini yang dimainkan oleh pengepul sarang walet indonesia sedang situasi ini sampai kapan?

Oleh karena itu kami sebagai pecinta sarang walet indonesia cobalah buka toko penjual sarang walet seperti komuditi lainnya jadi konsumen dalam negeri gampang mau belinya bukan cuma ada di dunia maya dan internet banyak toko walet yang berjualan.